Loading the content... Loading depends on your connection speed!

Kakao Harus Menjadi Raja di Negeri Sendiri

Biji kakao merupakan bahan baku untuk produksi cokelat di dunia. Pohon kakao yang menghasilkan biji kakao hanya dapat tumbuh baik di sekitar wilayah 8 derajat bagian Utara dan Selatan Ekuator. Pohon kakao tumbuh dengan baik pada suhu tahunan maksimum sekitar 30-32 derajat Celsius, dan rata-rata tahunan minimal 18-21 derajat Celcius. Pada peta di bawah diperlihatkan negara-negara di dunia penghasil biji kakao.

Penghasil biji kakao utama di dunia diproduksi di Afrika Barat, Tengah dan Amerika Selatan dan Asia. Adapun negara produsen terbesar kakao adalah Pantai Gading, Ghana, Indonesia, Nigeria, Kamerun, Brazil dan Ekuador. Negara yang menghasilkan jumlah tertinggi biji kakao dunia adalah Pantai Gading dengan produksi 33,8 persen. Negara yang merupakan produsen terbesar kedua biji kakao adalah Indonesia dengan total 15,4 persen dan produsen tertinggi ketiga biji kakao adalah Ghana dengan 15,2 persen.

Peta Negara Penghasil Biji Kakao Dunia

kakao

Sebagai negara penghasil biji kakao kedua terbesar di dunia, Indonesia memiliki perkebunan kakao tersebar diĀ  beberapa wilayah. Wilayah Indonesia penghasil terbesar biji kakao adalah Sulawesi, Sumatera Utara, Jawa Barat, Papua, Kalimantan Timur dan Sumatera Barat dengan total produksi mencapaiĀ  712.200 ton per tahun dengan luas wilayah perkebunan kakao 992.448 Ha. Namun demikian, dari tingkat konsumsi kakao/cokelat masyarakat Indonesia hanya baru mengkonsumsi 100 gram cokelat per kapita per tahun. Sedangkan Malaysia tingkat konsumsi cokelatnya sudah mencapai 1 kg per kapita per tahun.

Sudah saatnya kakao menjadi raja di negeri sendiri dengan meningkatkan konsumsi kakao masyarakat Indonesia baik oleh rumah tangga maupun oleh Industri. Biji kakao dapat diolah menjadi cocoa liquor, cocoa butter dan cocoa powder. Cocoa liquor dihasilkan dengan cara menggiling nib kakao menjadi cairan yang lebih halus. Cocoa butter dan cocoa powder diperoleh melalui proses pengepresan cocoa liquor. Cocoa powder adalah sisa pengepresan cocoa liquor yang telah diambil lemaknya dan kemudian digiling menjadi tepung yang halus.

peta

Dari cocoa liquor, cocoa butter dan cocoa powder dapat diolah menjadi beragam produk makanan seperti yang ditemui di Alania Chocolava. Chocolate bermutu tinggi diperoleh dari biji kakao yang difermentasi, sehingga aroma chocolate-nya menjadi lebih harum dan rasanya lebih enak. Chocolate dipercaya mengandung anti oksidan flavonoid dan polifenol, yang dapat membantu mengurangi efek penuaan, meningkatkan gairah dan semangat hidup serta membantu mengurangi stress.

Leave a Comment