Loading the content... Loading depends on your connection speed!

15 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh

1.     Cokelat akan meningkatkan suasana hati

Cokelat akan meningkatkan suasana hati sehingga semangat tetap terjaga, produktivitas meningkat dan kesuksesan pun akan dapat diraih. Cokelat mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan perbaikan suasana hati (lift up mood. Dengan tubuh yang selalu fit maka suasana hati yang baik akan tetap terjaga.

2.     Mencegah penyakit jantung

Sebuah cokelat bar dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung karena mengandung beberapa bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular berjalan lancar. Terutama dark chocolate dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan presentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10%.

3.     Menurunkan tekanan darah

Cokelat mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan. Antioksidan membantu menurunkan tekanan darah dengan memproduksi oksida nitrat. Hal ini juga menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

4.     Menurunkan kolesterol

Makan cokelat juga membantu dalam menurunkan kolesterol jahat alias LDL. Disamping menurunkan LDL cokalt juga meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

5.     Anti depresan

Cokelat bisa menjadi teman ketika mengalami masalah dan depresi. Hal ini karena cokelat mengandung serotonin yang merupakan anti depresan alami.

6.     Kandungan lemak rendah

Cocoa powder yang merupakan bahan utama dalam coklat rendah lemak. Jadi tak perlu khawatir untuk mengkonsumsi cokelat.

7.     Meningkatkan sirkulasi darah

Flavonoid  yang ada dalam cokelat dan akan membantu  meningkatkan sirkulasi darah selama 2-3 jam setelah dikonsumsi. Dengan melebarkan pembuluh darah di otak, flavonoid meningkatkan aliran darah.

8.     Menghindari kelelahan kronis

Kelelahan kronis merupakan ancaman bagi kesehatan dan kebahagiaan seseorang. Penyakit ini menyebakan sakit kepala, tubuh nyeri, jantung dan masalah pernapasan. Dengan mengkonsumsi cokelat akan membantu untuk menghindari sindrom kelelahan kronis.

9.     Menghambat penuaan

Keuntungan lain dari mengkonsumsi cokelat adalah bahwa hal itu membantu dalam menghambat penuaan. Hal ini dapat menghambat kerutan prematur atau garis yang menunjukkan penuaan di wajah. Coklat mengandung antioksidan alami untuk menundanya.

10.    Meningkatkan kesehatan mata.

Dengan mengonsumsi coklat maka kita bisa mendapatkan manfaat meningkatnya kesehatan mata kita. Hal ini dikarenakan aliran darah yang menuju ke retina meningkat dengan baik dan dapat membantu memperbaiki penglihatan dan kekuatan mata kita.

11.   Mengurangi risiko kanker.

Kakao, atau coklat, mengandung antioksidan yang menghentikan pertumbuhan kanker, dengan menyebabkan protein tertentu dalam tubuh untuk menonaktifkan bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel tumor.

12.   Meningkatkan produksi insulin alami.

Dengan mengonsumsi cokelat, maka kita sama saja dengan meningkatkan produksi insulin secara alami. Hal ini juga membantu menurunkan resiko terkena diabetes. Dengan mengonsumsi cokelat kita juga mendapatkan energy tambahan untuk beraktifitas kembali.

13.    Dapat menghaluskan kulit.

Flavanols yang terdapat pada cokelat bisa melindungi kita dari sinar UV, menjaga kelembaban kulit  dan menjaganya untuk tetap bersinar. Cokelat juga membantu mempertahankan elastisitas kulit dan meremajakan sel-sel kulit.

14.   Membantu untuk menurunkan berat badan.

Cokelat bukan hanya memberikan efek senang akan tetapi juga dapat membantu dalam program diet. Cokelat yang kaya akan serat seperti dapat membantu untuk diet.

15.    Sangat baik untuk Kesehatan Otak

Cokelat yang bisa membuat syaraf-syaraf  rileks dapat membantu system kerja otak yang bekerja untuk mengontrol semua organ. Termasuk rasa senang yang akan membuat enjoy untuk beraktifitas.

Leave a Comment